Cara Buat Artikel Yang Disukai Pengunjung

artikel yang disukai pengunjung, artikel yang seo, cara membuat artikel menarik

Artikel yang disukai pengunjung - Salah satu tantangan yang masih terasa berat bagi seorang blogger adalah membuat artikel yang mudah untuk dicerna oleh semua pengunjung blog.

Setiap pengunjung blog tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Kita sebagai penulis tidak bisa menjamin apa yang kita tulis disukai oleh semua pembaca.

Meski begitu, bukan berarti kita harus menyerah dalam membuat pengunjung menyukai apa yang kita tulis. Intinya kita harus terus berusaha.

Disini saya akan bagikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membuat artikel agar artikel yang Anda tulis disukai oleh setiap pembaca.

Cara Membuat Artikel Yang Disukai Pengunjung

Dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti

Panjang Artikel

Dalam membuat artikel blog tidak perlu terlalu panjang. Anda cukup menulis bagian yang penting saja sesuai dengan topik artikel tersebut.

Tidak perlu membuat kata pembuka dan kata penutup yang terlalu panjang. Kebanyakan pembaca biasanya langsung membaca ke topik pembahasan.

Seperti artikel yang ada dalam blog ini, Anda cukup membuat kata pembuka dan kata penutup 3 hingga 4 paragraf saja sudah cukup.

Panjang Paragraf

Panjang paragraf dalam artikel blog juga harus Anda perhatikan. Paragraf yang terlalu panjang akan membuat mata pengunjung cepat lelah.

Menurut saya pribadi, paragraf yang enak dilihat dan dibaca terdiri dari 2 hingga 3 baris seperti yang saya terapkan dalam artikel blog ini.

Salah satu blogger terkenal di Indonesia yang bernama Mas Sugeng, juga menerapkan poin ini dalam setiap artikel yang beliau terbitkan di blognya.

Gaya Penulisan

Setiap penulis memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda jangan terlalu memaksakan mengikuti gaya penulisan orang lain.

Menulislah dengan gaya penulisan Anda sendiri. Meskipun Anda merasa gaya penulisan Anda kaku, tetap jalani saja hingga Anda terbiasa.

Banyak para blogger yang menulis mengikuti gaya penulisan orang lain, sehingga artikel yang dihasilkan malah tidak enak untuk dibaca.

Relevansi Artikel

Bikin isi artikel yang sesuai dengan judul. Poin ini sangat penting agar pengunjung suka dengan apa yang Anda tulis dan bagikan.

Banyak saya dapatkan di internet isi artikel yang tidak sesuai dengan judul sehingga membuat saya malas untuk membuka blog itu lagi.

Jika di dunia Youtuber, istilah ini lebih dikenal dengan nama ClickBait. Jujur saja saya sangat benci dengan blogger yang menggunakan metode ini.

Selalu Update

Maksud saya update disini bukanlah update artikel baru. Namun update disini adalah artikel lama yang harus Anda perbarui lagi agar lebih segar.

Misalnya Anda membuat artikel tentang tutorial, pastinya tutorial yang Anda tulis tersebut tidak selamanya berjalan dengan lancar.

Nah disinilah tugas Anda untuk melakukan update pada artikel tutorial yang sudah tidak work tersebut dengan tutorial yang lebih work pada masanya.

Selipkan Gambar

Artikel tanpa gambar ibarat rokok tanpa kopi, terasa hambar. Setidaknya masukkan 1 gambar kedalam artikel biar pengunjung tidak bosan.

Selain itu, gambar dalam artikel juga berguna untuk thumbnail artikel di beranda blog dan juga thumbnail artikel untuk share ke sosial media.

Anda tidak harus membuat gambar yang terbilang wow banget. Cukup gunakan gambar seadanya saja asalkan masih terkait dengan isi artikel.

Itulah beberapa cara membuat artikel yang disukai oleh pengunjung blog. Anda bisa terapkan poin-poin diatas ketika ingin membuat artikel di blog.

Sebagai tambahan, jika Anda tidak terlalu mahir dalam membuat gambar untuk artikel, gunakan Canva seperti yang saya gunakan untuk gambar artikel blog ini.

Posting Komentar