Persyaratan Wajib Sebelum Daftar Google Adsense

persyaratan wajib sebelum daftar google adsense, cara cepat diterima google adsense, cara mengatur blog sebelum daftar adsense

Persyaratan wajib sebelum daftar Google Adsense - Mendaftar blog ke Google Adsense bukan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan oleh sebagian orang.

Berbeda dengan beberapa jaringan periklanan lainnya yang hanya dengan mendaftar akun, langsung bisa memasang iklan di blog saat itu juga.

Berbeda dengan Google Adsense, untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense, ada banyak syarat yang harus Anda penuhi. Salah satunya adalah kondisi blog yang akan di daftarkan.

Banyak blog yang ditolak oleh Google Adsense karena memiliki tampilan dan pengaturan yang tidak direkomendasikan oleh Google Adsense.

Persyaratan Wajib Sebelum Daftar Google Adsense

Berikut akan saya bagikan sedikit tips yang bisa Anda terapkan di blog yang akan diajukan ke Google Adsense. Lakukan step by step agar pendaftaran Anda diterima.

Konten Berkualitas

Yang paling utama untuk Anda perhatikan sebelum mendaftarkan blog ke Google Adsense adalah kualitas konten. Konten adalah hal utama yang dinilai oleh pihak Adsense.

Konten berkualitas adalah konten yang Anda ketik sendiri dan bukan hasil copy dari blog lain. Konten yang Anda ketik sendiri akan terlihat natural dan enak dibaca.

Sebenarnya bisa juga sih konten hasil copy dari blog lain di daftarkan ke Adsense, namun menurut pengalaman saya pribadi, konten ketikan sendiri lebih mudah untuk diterima.

File Asli

File yang ada dalam artikel seperti gambar dan video pelengkap artikel, sebaiknya Anda bikin sendiri. Atau Anda screenshot sendiri untuk file gambar artikel tutorial.

Memang tidak ada yang melarang jika Anda menggunakan gambar dari situs download gambar gratis yang ada di internet.

Namun menggunakan gambar buatan sendiri lebih mudah untuk diterima oleh Adsense karena gambar yang ada di blog Anda terlihat lebih natural.

Template Responsive

Pemilihan template juga menjadi salah satu hal yang paling penting untuk Anda atur sebelum melakukan pendaftaran blog ke Google Adsense.

Saat pihak Adsense membuka blog Anda, yang paling utama dilihat adalah tampilan blog. Memilih template yang responsive bisa menjadi acuan utama Anda.

Jika Anda bingung dalam memilih template, silahkan pilih saja beberapa template yang sudah saya rekomendasikan dalam artikel template blogger terbaik untuk daftar Adsense.

Kelengkapan Halaman

Ada beberapa halaman yang harus ada dalam blog sebelum mendaftar ke Google Adsense. Diantaranya halaman tentang, kontak, disclaimer dan privacy policy.

Untuk halaman tentang bisa Anda isi tentang blog Anda. Halaman kontak isi dengan kontak Anda. Untuk halaman disclaimer dan privacy policy baca cara buatnya disini.

Menurut pengalaman saya sendiri, keempat halaman diatas sudah cukup untuk persyaratan Google Adsense. Namun jika ingin menambahkan halaman lain lebih bagus lagi.

Panjang Artikel

Banyak yang bilang artikel harus diatas 500 kata atau lebih jika ingin cepat diterima oleh Google Adsense. Namun saya sendiri tidak setuju dengan pernyataan ini.

Saya menerapkan metode "singkat, jelas dan padat" untuk artikel dalam blog ini. Dalam beberapa percobaan, saya selalu diterima Adsense meski artikel pendek.

Bisa diambil kesimpulan, jika isi artikel Anda tulis dengan jelas, akan mudah dicerna oleh pihak Adsense. Tambahkan beberapa gambar agar artikel terlihat padat.

Jumlah Artikel

Jika ada yang bilang jumlah artikel harus banyak untuk daftar Google Adsense, saya agak setuju dengan pernyataan ini. Saya sudah membuktikan sendiri.

Untuk blog yang memiliki domain TLD, usahakan 25 artikel keatas. Untuk blog dengan domain Blogspot, usahakan 50 artikel keatas. Acuan ini yang selalu saya gunakan.

Meskipun ada yang diterima oleh Google Adsense dengan artikel dibawah 10 atau dibawah 20, menurut saya hal tersebut hanya kebetulan atau karena memang lagi hoki.

Note: Blog ini diterima Google Adsense dalam 2 hari dengan 26 artikel

Hindari Artikel Ilegal

Saya paling sering ditolak oleh Google Adsense karena menulis artikel yang ilegal. Meskipun menurut saya artikel yang saya tulis tidak ada unsur ilegalnya.

Setelah saya pelajari dengan teliti, ternyata yang menunjukkan cara ilegal mendapatkan sesuatu bisa ditolak Google Adsense. Contohnya: Cara Membuat Akun Ahrefs Pro Gratis.

Hindari artikel yang demikian agar tidak ditolak oleh Google Adsense. Anda juga harus hindari artikel yang berbau download, hacking, sara, porn dan artikel ilegal lainnya.

Index Google

Usahakan artikel yang ada di blog Anda terindex oleh mesin pencari Google meski hanya sebagian saja. Ini untuk membuat Adsense menilai blog Anda sudah siap online.

Tidak perlu ada pengunjung di blog Anda. Blog dengan traffik nol pun bisa diterima oleh Google Adsense. Asalkan blog Anda sudah terindex oleh Google.

Jika Anda memiliki pendapat index Google tidak penting untuk daftar Adsense, ada benarnya juga. Namun index Google bisa mempercepat blog Anda di approve.

Verifikasi Blog

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah verifikasi blog ke mesin pencari, minimal ke Google aja sudah cukup. Hal ini untuk membantu blog Anda cepat terindex Google.

Verifikasi juga blog Anda menggunakan metode Google Analytics di Google Search Console. Namun sebelum itu pasang dulu properti Google Analytics di blog.

Anda juga bisa melakukan verifikasi blog ke mesin pencari lain seperti Bing, Yandex dan lainnya. Lebih bagus lagi verifikasi juga blog ke Facebook dan Pinterest jika Anda menggunakannya.

Itulah beberapa persyaratan yang wajib Anda lakukan sebelum daftar blog ke Google Adsense. Semoga dengan mengikuti langkah diatas, blog Anda lebih cepat diterima Adsense.

Persyaratan yang saya bagikan diatas sesuai dengan pengalaman pribadi. Jadi wajar jika ada beberapa diantaranya menurut Anda tidak wajib untuk dilakukan.

Itulah yang saya lakukan di blog sebelum daftar ke Google Adsense. Hal yang sama pun saya terapkan di blog ini dan diterima oleh Google Adsense dalam dua hari saja.

Posting Komentar